Warga Sijunjung Bangun Surau Dengan Semangat Kebersamaan

Sijunjung Weblog News-doniaries blog

Bermodalkan rasa kebersamaan dan sikap kegotong royongan yang masih terpatri kuat membuat warga Dusun Taratak Baru Ranah Sigading, Nagari Padang Laweh, Kabupaten Sijunjung, Sumbar, berhasil mendirikan satu bangunan surau (musalla), hanya dalam waktu satu bulan.

Pengurus surau yang terletak di Bukik Linjuang itu, Subek, mengatakan, Kamis, bahwa bangunan surau dengan konrtuksi kayu ini, berukuran 7 X 9 meter, hingga kini telah menelan biaya sekitar Rp9 juta.

Dana yng terhimpun itu, kesemuanya berasal dari swadaya murni masyarakat, termasuk bantuan dari tokoh masyarakat Padang Laweh Ir. Yos Jodi sebesar Rp1 juta.

Saat ini, kata Subek, masih ada bangunan yang terbengkalai, seperti pemasangan atap, masih ada yang belum terpasang.

Hal itu disebabkan tidak adanya bahan baku dan modal yang dimiliki anggota surau juga sudah nihil, akibatnya pemasangan atapnya jadi terbengkalai.

“Namun demikian, di bulan ramadhan ini surau yang terbengkalai itu sudah dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan shalat tarwih,” jelas Subek.

Mengingat keberadaan surau ini sangat penting sekali sebagai tempat pendidikan keagamaan bagi anak nagari, Subek berharap, Pemerintah Kabupaten Sijunjung, dapat memberikan bantuan, baik berupa uang ataupun berupa bahan, sehingga bangunan surau dapat selesai seratus persen, dan bisa dimanfaatkan anak nagari untuk mengaji, maupun belajar agama dan adat bagi generasi muda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s