Kabupaten Sijunjung Segera Miliki PLTMH Berkekuatan 26 KW

Sijunjung Weblog News-doniaries blog

Kabupaten Sijunjung, Sumbar, segera memiliki satu unit Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) berkekuatan 26 Kilo Watt (KW) yang akan ditempatkan di Jorong Pinang Nagari (Desa) Durian Gadang Kecamatan Sijunjung.

“PLTMH itu merupakan bantuan dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) Republik Indonesia pada 2008,” kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, Ir. Syamsurizal Syafei, didampingi Kabid. Migas Listrik dan Pemanfaatan Energi, Syahdanur, SH, di Sijunjung, Jumat.

Menurut dia, adanya PLTMH di Sijunjung, tentu warga di jorong Pinang dapat menikmati penerangan listrik yang selama ini belum terjangkau.

Guna kelancaran pembangunannya pihak nagari setempat sudah menyediakan tanah untuk lokasinya PLTMH itu dan secepatnya akan mulai pengerjaannya.

Selain bantuan seunit PLTMH yang diperkirakan mampu mengaliri 130 buah rumah masyarakat, Kabupaten Sijunjung juga mendapatkan bantuan 105 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dari KPDT RI.

Ke 105 unit PLTS itu masing-masing ditempatkan di jorong Lubuak Kapiek Nagari Aie Amo Kecamatan Kamang Baru sebanyak 66 unit dan pada pemukiman Muaro Kaluai Nagari Langki, Kecamatan Tanjung Gadang, berjumlah 39 unit.

“Khusus untuk PLTS mulai Jumat (5/9) seluruh peralatannya sudah dikirim ke masing – masing pemukiman penduduk penerima bantuan dan direncanakan pemasangannya selesai jelang lebaran 1429 Hijriah,” jelasnya.

Syamrizal juga menyebutkan, sebelumnya pada jorong Sibolin dan Rumbai di Kecamatan Sumpur Kudus, juga telah mendapatkan bantuan 75 unit PLTS dari Dirjen Listrik dan Pemanfaatan Energi.

“Sebanyak 72 unit sudah selesai dipasang, hanya tersisa 3 unit lagi yang belum dan diharapkan dalam waktu dekat bisa diselesaikan,” katanya dan menambahkan, jik selesai semua, tentu warga bisa menikmatinya pada Ramadhan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s