Transaksi di Pasar Ternak Palangki Berkembang Pesat dari Tahun ke Tahun


Sijunjung Weblog News-doniaries blog

Transaksi jual beli ternak di Pasar Ternak Palangki, Kabupaten Sijunjung terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal itu dapat dijadikan salah satu indikator bahwa usaha peternakan di Sumatera Barat, terutama di Kabupaten Sijunjung khususnya, tengah berkembang ke arah yang menggembirakan.

Bupati Kabupaten Sijunjung, Darius Apan ketika memberikan sambutan peresmian pengoperasian Pasar Ternak Regional Palangki di Sijunjung, Selasa, mengatakan pada tahun 1996 jumlah transaksi di pasar ternak Palangki hanya berjumlah 204 ekor per tahun.

Periode lima tahun berikutnya, jumlah itu meningkat menjadi 1500 ekor/tahun berdasarkan data tahun 2001. Memasuki periode lima tahun berikutnya, perkembangan jumlah transaksi di pasar ternak Palangki semakin pesat dengan jumlah rata-rata transaksi 2000 ekor/tahun berdasarkan data tahun 2007.

Dia mengharapkan jumlah itu akan terus meningkat seiring dengan resminya beroperasi Pasar Ternak Regional Palangki, Sijunjung yang diproyeksikan menjadi pusat pasar ternak di wilayah Sumatera.

Pasar Ternak Palangki melayani pasokan hewan ternak dari sejumlah daerah di Sumbar, seperti Sawahlunto, 50 Kota dan Payakumbuh, Padang Panjang, Solok, Sijunjung, Dharmasraya, Pesisir Selatan dan sejumlah daerah sentra ternak lainnya. Di samping itu Pasar ternak Regional palangki juga melayani pasokan hewan ternak dari dan ke luar Sumbar seperti Riau, Jambi, dan Sumatera Utara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s