Kontes Ternak Meriahkan Peresmian Pasar Ternak Sijunjung

Sijunjung Weblog News-doniaries blog

Sebanyak 18 kontingen utusan Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat, di pastikan akan ikut ambil bagian pada kontes ternak tingkat Sumatera Barat, di pasar ternak Palangki Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung, Ir. Yulizar. MP, di Muaro, Selasa, menjelaskan, kegiatan kontes ternak berlangsung pada 24-46 Agustus 2008 itu merupakan bagian dari pelaksanaan Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Selain itu, sekaligus peresmian pasar ternak Regional Palangki yang rencananya oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia.

Kendati, dari 19 kabupaten dan kota, 18 di antaranya akan ikut serta pada kegiatan kontes ternak dan Kepulauan Mentawai, berkemungkinan tidak akan mengikutinya.

Menurut Yulizar, tidak ikutnya Kabupaten Kepulauan Mentawai itu, dikarenakan faktor transportasi, yang harus melewati jalur laut dan memakan waktu cukup lama.

“Kita maklum saja dengan kondisi Kepulauan Mentawai, karena melalui jalur laut, jarak tempuh jauh jelas akan mengeluarkan biaya cukup besar dan keselamatan ternak selama perjalananpun tak bisa terjamin,” tuturnya

Ternak yang akan dikonteskan terdiri Kerbau, Sapi Bali, Sapi PO, Sapi Simental, dan Kambing Peranakan Ettawa.

Masing-masing kabupaten dan kota akan mengirimkan sepasang, dari tiap jenis ternak yang akan di konteskan.

Selama kegiatan kontes ternak itu, juga akan dilaksanakan lomba asah terampil, temu agribisnis serta pameran pembangunan dengan menampilkan produk-produk unggulan masing-masing daerah.

Selanjutnya, untuk menghibur peserta dan masyarakat pada malam harinya juga akan diadakan hiburan rakyat, dengan menampilkan berbagai macam kesenian tradisional, seperti, randai, ataupun saluang dendang.

Selanjutnya kepada masyarakat, Yulizar, diimbau untuk dapat meramaikan kegiatan kontes ternak tersebut, karena banyak manfaat yang dapat diambil, dimana masyarakat akan tahu cara beternak yang baik, sekaligus mengetahui bagaimana cara memilih jenis bibit ternak unggul.

“Ini merupakan kesempatan yang sangat berharga sekali bagi masyarakat, khususnya petani ternak, maka diharap warga dapat memanfaatkan kegiatan dengan baik,” katanya.

Menyinggung persiapan lokasi, Yulizar mengatakan, saat ini kondisi lokasi kontes sudah 90 persen siap, dan diperkirakan Kamis (21/8), seluruhnya telah dapat dirampungkan.

Untuk pelaksanaan kontes ternak yang pertama di Kabupaten Sijunjung, pihak Pemerintah Daerah telah mengalokasikan dana sebesar Rp105 juta.

Dana tersebut antara lain dipergunakan untuk penginapan peserta, konsumsi maupun persiapan lainnya yang menunjang kegiatan kontes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s