Petani Nagari Kumanis Harapkan Irigasi

Sijunjung Weblog News-doniaries blog

Sejumlah Petani sawah nagari Kumanis kecamatan Sumpur Kudus meminta kepada pemerintah untuk dapat membangun irigasi berskala besar dan kecil dalam upaya mengatasi kelangkaan air

Harapan itu disampaikan wali nagari Kumanis Markias Gogar Marajo dalam percakapnya dengan Haluan Rabu lalu di Muaro Sijunjung,ada sejumlah sawah saat ini masih banyak yang tadah hujan

Aman Panjaro Bosi mengakui, masih banyak lagi sawah petani yang belum mendapatkan sumber air,sekarang mencapai puluhan hektar masih tadah hujan.

Mengapa tidak,biasanya petani sawah ingin turun kesawah menunggu musim hujan karena sumber air dikawasan ini sangat minim,sehingga produksi padi menurun,paling banyak petani panen hanya satu kali setahun.

Untuk menampung aspirasi itu,pemerintahan nagari setiap tahun mengusulkan untuk dibangun irigasi melalui musyawarah pembangunan nagari (Musrenbang),hanya sebahagian kecil yang terkabul.

Bukan tidak ada irigasi kata Markias,hanya sebahagian kecil,lebih banyak hamparan yang luas belum menikmati air melalui irigasi,dengan adanya sumber air ini tentu hasil pertanian dapat meningkat dari sebelumnya.

Masalah hasil dari irigasi ,pemerintah atau dinas terkait jangan ragu menurunkan program ini,petani sawah yang terdapat satu hamparan bersedia melaksanakan gotong royong.

Gotong Royong yang dapat dilakukan warga yaitu menolong mengambil kebutuhan yang diperlukan seperti pasir,krekel dan batu,sedangkan semen,besi dimintakan kepada dinas terkait.

Dengan adanya gotong royong secara bersama,hasilnya dapat berlipat ganda,target 1 km bisa mencapai !,5 km atau 2 km,mengenai sumber air yang akan dibangun irigasi tersedia.

Begitu juga sawah yang terhampar disepanjang aliran Batang Sinamar,bisa dilakukan dengan kincir,atau pompanisasi,dulunya warga memanfaatkan kincir air namun sarana itu sekarang sudah tidak ada lagi akibat dilanda banjir besar.(MO).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s