RANGKAIAN HUT BHAYANGKARA POLRES LAKUKAN PENGHIJAUAN

Sijunjung Weblog News

R angkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-62, Polres Sijunjung melaksanakan gerakan penghijauan di areal Lubuk Batu, Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, Selasa (17/6).

Seluas satu hektare lahan yang dihijaukan dengan seribu batang bibit, penanaman perdana dilakukan Kapolres Sijunjung AKBP Drs. Priyo Widyanto, MM bersama Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Ir. Syaiful Amri, MBA, Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Ir. Adiputra Efendi, MM, Kepala Dinas Perkebunan Ir. Refdiana sera Wakapolres Kompol Jufnedi, SH.

Sedangkan penanaman bibit secara keseluruhan, dilakukan para perwira Mapolres, Kapolsek se-Kabupaten Sijunjung, sejumlah pejabat dan pegawai Pemkab Sijunjung serta segenap anggota Mapolres dan Polsek.

Selain penghijauan, pada lokasi dan hari yang sama, juga diselenggarakan pemasangan alat kontrasepsi Keluarga Berencana (KB) dan pengobatan gratis terhadap masyarakat Kecamatan Kupitan dan IV Nagari.

Kapolres Priyo Widyanto mengatakan, disamping rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara ke-62, gerakan penghijauan yang dilakukan juga bertujuan mengantisipasi panas global serta menjaga kelestarian alam dan eko sistem.

Supaya tujuan mencapai sasaran dan harapan, kepada anggota Polres yang bertugas di dekat lokasi penghijauan, seperti anggota Pos Polisi Kupitan dan anggota Polsek IV Nagari, Kapolres menenkankan menjaga dan memelihara bibit yang ditanam.

Begitu pula masyarakat Lubuk Batu dan sekitarnya, Kapolres juga berharap berperan aktif dalam menumbuh suburkan tanaman yang dijadikan penghijauan. Karena percuma bibit ditanam jika tidak ada yang akan menjaga dan memeliharanya.

Kabag Min Polres Sijunjung Kompol Supri Edi selaku ketua pelaksana penghijauan, mengatakan, seribu batang bibit yang ditanam, merupakan sumbangan dari Kepala Dinas Kehutanan, Pertanian dan Kepala Dinas Perkebunan.

Bibit yang ditanam itu, tidak hanya sekedar untuk penghijauan, tapi akan menghasilkan bila dijaga dan dipelihara dengan baik, karena jenis tanaman itu terdiri dari mahoni, jati putih, petai, surian, sitomeh, durian, mangga dan karet, jelas Supri Edi.

Menanggapi harapan Priyo Widyanto, selain anggota Polres serta masyarakat Lubuk Batu dan sekitarnya, Kepala Dinas Kehutanan Syaiful Amri, juga akan menugaskan anggotanya untuk menjaga dan memelihara bibit yang ditanam.

“Sebagaimana harapan Kapolres, supaya bibit yang ditanam tumbuh dengan subur, selain polisi dan masyarakat yang bertugas dan berada di dekat lokasi penghijaun, kita juga akan menugaskan staf dalam menjaga dan memeliharanya,” kata Syaiful Amr. -nas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s