Tinggalkan Minyak Sebelum Minyak Meninggalkan Kita

Sijunjung Weblog News

IEA (International Energy Agency) telah menyalakan alarm: Dunia bisa kehabisan minyak lebih cepat dari yang diperkirakan. Bahaya kelangkaan suplai minyak bertambah.

Haus energi vs kelangkaan energi: Sementara permintaan akan minyak sedang bertambah, produksi malah menurun. Kelangkaan, naiknya harga dan inflasi tengah membayang.

Tulisan ini disarikan atas pendapat Fatih Birol, seorang chief economist dari IEA. Motto Fatih Birol adalah : Tinggalkan minyak sebelum minyak meninggalkan kita.

Diperkirakan harga minyak akan terus meningkat dari sekarang hingga tahun 2015. Hal ini bisa terjadi karena tiga faktor yaitu:
• Terus meningkatnya permintaan akan minyak terutama dari Cina, India dan Timur Tengah. AS boleh saja mengalami resesi tetapi ketiga wilayah ini tetap mengalami pertumbuhan ekonomi yang tinggi.
• Penurunan tajam produksi dari ladang-ladang minyak yang sudah ada khususnya di Laut Utara, AS dan banyak negara non OPEC. Diperkirakan dunia bakal kekurangan 12,5 juta barel minyak per hari. Artinya dunia akan menghadapi kelangkaan minyak parah dan harga minyak yang sangat tinggi dalam beberapa tahun ke depan.
• Cadangan minyak dunia sekarang dikuasai oleh perusahaan minyak nasional. Sebagian negara (terutama anggota OPEC) enggan meningkatkan produksi minyaknya supaya masih ada yang tersisa bagi anak cucu mereka.

Untuk keluar dari masalah ini, tersedia tiga cara:
• Dunia harus secara drastis meningkatkan efisiensi energi. Catatan penulis: Komunitas Nebeng http://www.nebeng.com merupakan salah satu bentuk efisiensi energi. Dua mobil menjadi satu mobil, hemat BBM 50%.
• Dunia harus menggunakan bahan bakar alternatif di sektor transportasi.
• Dunia membutuhkan lebih banyak lagi proyek produksi minyak, khususnya di negara-negara kunci anggota OPEC.

OPEC sudah mengumumkan bahwa OPEC menginvestasikan 200 miliar dollar sampai tahun 2012 untuk menciptakan kapasitas produksi baru sebesar 5 juta barel per hari. Sedangkan WEO (World Energy Outlook) 2007 menyatakan bahwa dunia membutuhkan kapasitas produksi baru 24 juta barel per hari pada tahun 2020. Di sinilah terjadi perbedaan antara jumlah permintaan minyak dunia dan jumlah yang bisa dipenuhi dari OPEC. Hal ini akan menyebabkan meroketnya harga minyak.

Ada tiga problem utama yang berasal dari negara penghasil minyak utama, yaitu:
• Geologi
• Investasi
• Kebijakan

Kenaikan harga minyak mungkin masih bisa ditanggung oleh sebagian orang terutama yang tinggal di negara maju, tetapi banyak orang yang tinggal di negara berkembang, akan menderita.

Akan terdapat selisih yang cukup besar antara jumlah minyak yang kita butuhkan dan jumlah minyak yang tersedia, apalagi bila kita tidak melakukan usaha besar-besaran untuk memperbaiki efisiensi mobil atau menggantinya ke sistem transportasi lain. Bila kita tidak melakukan sesuatu di sisi konsumen, konsumsi akan terus tumbuh. Dan bila kita tidak cukup melakukan cukup investasi pada produksi minyak, kita akan megap-megap.

Satu hari nanti minyak akan habis. Dan kita harus meninggalkan minyak sebelum minyak meninggalkan kita. Maka kita harus mempersiapkan diri melalui riset dan pengembangan pada bahan bakar alternatif, pada standar hidup yang ingin kita jaga dan pada alternatif apa yang bisa kita temukan.

IEA mempunyai dua fungsi yaitu:
1) Menempatkan cadangan minyak di pasar (market) ketika secara fisik minyak tidak cukup untuk memenuhi permintaan (demand). Contohnya terjadi pada tahun 2005 ketika badai Katrina menghantam AS.
2) Menyalakan alarm bahwa dunia bisa kehabisan minyak lebih cepat dari yang diprediksikan. Hal ini sudah dilakukan pada ajang World Energy Outlook 2007. Bahkan pada WEO 2008, dimungkinkan suara alarm lebih dinyaringkan.

Tambahan dari http://www.nebeng.com:

Kita sedang menuju era baru di mana harga minyak akan terus meroket. Inilah saatnya kita bersatu untuk melakukan penghematan BBM, bukan hanya karena kita harus membayar lebih mahal harga BBM, tapi juga agar saudara-saudara kita yang tidak mampu, tidak semakin menderita karena tidak punya cukup penghasilan untuk membayar biaya hidup yang semakin meningkat.

Mari Hemat BBM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s