ANGGOTA DPRD TARMAN: TEMPATKAN PEJABAT YANG PROFESIONAL


Sijunjung Weblog News

Anggota DPRD Sijunjung, Tarman Rustam berharap kepada bupati dalam pengisian Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang baru agar menempatkan pejabat yang memiliki kemampuan, kecakapan dan profesional serta menguasai tugas dan tanggungjawab.

Disamping itu, organisasi yang ada hendaknya juga ditindaklanjuti dengan penyusunan uraian tugas masing-masing pejabat yang akan diberi amanah, kepercyaan dan tanggungjawab.

Jika sekarang setiap calon pejabat Pemkab Sijunjung diharuskan membuat serta memaparkan visi-misi, strategi itu adalah langkah tepat dalam mencapai kemajuan. Karena yang mampu membuat visi-misi, hanya calon pejabat yang tahu dan mengerti dengan tugas dan tanggungjawab yang bakal diemban.

Figur yang hanya menginginkan jabatan tanpa memperhitungkan kesanggupan dan kecakapan, tidak akan mampu membuat dan memaparkan visi-misi.

“Untuk itu, kami sangat mendukung cara yang ditempuh bupati, dengan harapan membuat dan memaparkan visi-misi bagi setiap calon pejabat benar-benar dilaksanakan. Jangan hanya sekedar menjadi bahan pembicaraan,” kata Tarman Rustam, di gedung dewan, Rabu kemarin.

Tentang penyusunan uraian tugas, ulas Tarman, perlu kajian yang matang, supaya organisasi yang diciptakan dapat bergerak maksimal menjalankan urusan yang telah menjadi kewenangan pemerintah sebagai tujuan dari organisasi yang ada.

Yang tidak kalah pentingnya, uraian tugas yang telah dibuat, harus dipahami dan dihayati oleh seluruh pejabat. Bila perlu, kepada pejabat yang telah dilantik, disosialisasikan uraian tugas yang akan dikerjakan.

Tujuannya, supaya ke depan tidak ada lagi ungkapan ‘seluruh tugas yang diberikan pimpinan dapat dikerjakan, kecuali tugas pokok’, sebut Tarman.

Dalam pengisian struktur organisasi, dewan terhormat ini berharap individu yang akan menduduki jabatan, dinilai berdasarkan objektif yang ada serta menjauhkan unsur subjektif, supaya prinsip the right man on the right pleace (orang baik akan memperoleh posisi yang baik) lebih diutamakan dari prinsip like or dislike (suka atau tidak suka).

Guna mewujudkan pemerintah yang bersih dan berwibawa serta bebas dari koropsi, kolusi dan nepotisme, Tarman menilai sudah selayaknya setiap pegawai yang akan menduduki jabatan membuat dan menandatangani fakta integritas yang berisi komitmen calon pejabat bersangkutan bila diberi kepercayaan mengemban tugas kenegaraan.

Selain acuan bagi pemerintah daerah, membuat dan menandatangani fakta integritas yang berisi komitmen, juga sebagai motivasi bagi setiap calon pejabat untuk berbuat yang terbaik dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diemban. -nas
sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s