Nagari Unggan Riwayat mu Kini

Sijunjung Weblog News

Nagari Unggan yang berada paling utara Kabupaten Sijunjung, ternyata memiliki berbagai potensi sumber daya alam. Salah satunya adalah pada sektor perkebunan, baik karet maupun kelapa sawit.

Untuk sektor perkebunan, nagari yang berhawa sejuk ini memiliki lahan yang sangat luas, dan sangat potensial untuk dikembangkan menjadi perkebunan berskala besar. Saat ini saja, sudah terdapat kebun karet rakyat seluas 2.510 hektar. Dari luas tersebut, baru sepuluh hektar yang telah menggunakan bibit unggul. Sedangkan sisanya masih menggunakan karet lokal.

Menurut Walinagari Unggan, Mislan Datuak Intan Kayo, kebun karet yang ada saat ini, sebenarnya belum dapat disebut kebun karet. Karena pengolahannya masih bersifat tradisional, dan kebanyakan dari kebun karet yang ada merupakan kebun tua.


Kendatipun demikian, kebun karet tersebut telah dapat membantu perekonomian masyarakat, dan boleh dibilang sudah merupakan mata pencaharian utama bagi masyarakat.

Dari 1.010 hektar kebun karet yang telah berproduksi, rata-rata setiap minggunya hasil produksi karet mencapai 20 ton. Sedangkan yang 1500 hektar lagi kebun karet masyarakat belum berproduksi.

Andai saja kebun karet yang ada telah berproduksi secara keseluruhan, dari nagari Unggan, setiap minggunya bisa menghasil 80 sampai 100 ton karet. Jumlah ini memang masih sedikit bila dibandingkan dengan luas kebun. Hal tersebut dikarenakan kebun karet yang dimiliki masyarakat, masih bersifat alami dan belum memenuhi standar perkebunan yang sesungguh.

Untuk mengembangkan dan meremakan kebun karet kata Mislan, sebenar masyarakat sangat berminat sekali, tapi karena tidak adanya modal, menyebabkan masyarakat sulit untuk mengembangkan.

Untuk itu, ia berharap pemerintah Kabupaten Sijunjung, dapat memberikan bantuan modal melalui kredit lunak, sehingga warga Unggan dapat membuka kebun karet yang sesuai dengan standar perkebunan.
sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s