WALINAGARI PALANGKI DILANTIK

Sijunjung Weblog News
Bupati Sijunjung, Darius Apan, melantik H. Sudirman Adnan Dt. Rangkayo Mulia sebagai Walinagari Palangki, Kecamatan IV Nagari, di halaman kantor walinagari tersebut, Sabtu (12/4).

Pelantikan Sudirman Adnan untuk periode kedua (2008-2014), dihadiri wakil ketua dan anggota DPRD Sijunjung Mukhlis. R dan Drs. H. Asriben Rajo Pahlawan, Wakapolres Kompol. Jufnedi, SH, sejumlah pimpinan unit kerja Pemkab, muspika, walinagari se-Kecamatan IV Nagari dan walinagari tetangga serta segenap unsur masyarakat Nagari Palangki.

Karena sudah pelantikan periode kedua, bupati yakin Sudirman Adnan ke depan lebih berkiprah dalam memajukan pembangunan bersama lembaga nagari dan masyarakat.

Namun karena jabatan yang diterima merupakan amanah dan kepercayaan rakyat, bupati berharap dan berpesan kepada walinagari supaya tidak menyia-nyiakannya.


“Amanah dan kepercayaan yang diberikan rakyat, tidak saja dipertanggungjawabkan di atas dunia, tapi juga di makamah Tuhan. Justru itu, tunaikan dengan segenap kesanggupan dan kemampuan. Jangan sia-siakan,” pesan bupati.

Sebagaimana telah dirasa dan diketahui, tugas dan tanggungjawab walinagari, tidak ringan, tapi cukup berat dan kompleks. Disamping pemimpin rakyat yang didaulukan selangkah ditinggikan seranting, kusuik nan kamanyalasaian, karuah nan kamanjaniahkan, walinagari juga mempunyai tanggungjawab moral untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahtraan rakyat, dengan menggali dan memanfaatkan potensi yang ada.

Justru itu, selaku pemimpin rakyat dan nagari, dituntut kemampuan dan kemauannya memajukan pembangunan bersama masyarakat dan lembaga yang ada, karena pembangunan bermuara kepada peningkatan ekonomi dan kesejahtraan rakyat.

Sementara kepada segenap lapisan masyarakat, bupati mengimbau supaya merapatkan barisan dan menciptakan hubungan silaturrahmi yang lebih harmonis, karena dengan persatuan dan kesatuan yang kokoh serta kekompakan yang terjalin erat, tidak ada yang tidak bisa dikerjakan.

Perbedaan pendapat ketika memilih walinagari, itu adalah hal biasa dan memang harus terjadi, karena itulah yang disebut demokrasi. Tapi setelah salah seorang kandidat terpilih, dengan kata lain mendapat suara terbanyak, itulah pemimpin yang harus didukung secara bersama dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan nagari.

Meski Pemkab Sijunjung serta DPRD dan masyarakat telah menuntaskan berbagai pembangunan, namun karena keterbatasan dana dan kemampuan masih banyak lagi yang perlu dilakukan. Salah satu diantaranya mengentas kemiskinan yang kini menjadi isu nasional.

“Justru itu, ke depan, kegiatan mengentas kemiskinan harus dilaksanakan lebih terfokus dan serius. Karena kehidupan rakyat tidak akan berubah jika kita hanya sekedar mendata Kepala keluarga miskin, membicarakan, membahas dan mendiskusikan saja,” tegas Bupati Darius Apan.
sumber :-nas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s