Sudirman Adnan Datuak Rangkayo Mulia Terpilih Sebagai Wali Nagari Palangki Yang Baru

Sijunjung Weblog News
Sudirman Adnan Datuak Rangkayo Mulia, yang terpilih kembali menjadi walinagari Palangki, Kecamatan IV Nagari, periode 2008 – 2014, bertekad akan melanjutkan berbagai program pembangunan, yang belum sempat terlaksana, selama ia memimpin nagari tersebut pada periode pertama.

Ia mengakui, selama ini masih banyak program yang belum sempat dilaksanakan, terutama dalam memberdayakan masyarakat di sector pembangunan.Untuk itu, pada periode kedua ini, ia akan lebih focus memberdayakan masyarakat dalam berbagai aspek, sehingga kedepan nagari Palangki benar-benar menjadi nagari impian, sesuai dengan visi daerah.

Dengan terpilihnya ia menjadi Walinagari, periode kedua 2008 – 2014, ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Palangki, yang telah mempercayainya kembali untuk memimpin nagari tersebut. Namun demikian, dengan semakin beratnya tugas kedepan, ia sangat mengharapkan sekali dukungan dan sokongan dari seluruh masyarakat.


Sebab katanya, tanpa dukungan dan sokongan dari masyarakat serta lembaga- lembaga nagari, pemerintahan nagari juga tak akan dapat berbuat banyak. Kemudian, kepada dua kandidat lainnya, seperti Toni Herman dan M. Panghulu Kayo, ia juga mengharapkan untuk bersama-sama bergandengan tangan membangun Nagari Palangki kedepan. Sebabnya, masih banyak yang bisa diperbuat untuk memajukan nagari.

Apalagi kedua kandidat tersebut berasal dari generasi muda, tentu saja kaya dengan ide-ide cemelang yang dapat diterapkan dalam pembangunan. Dan tak tertutup kemungkinan, suatu saat keduanya akan jadi pemimpin di Palangki.

Selanjutnya, di era otonomi daerah sekarang, dimana masing-masing daerah dituntut untuk dapat melaksanakan pembangunan, sesuai aspirasi masyarakat berdasarkan skala prioritas. Maka nagari Palangki, sebagai salah lembaga pemerintahan terendah, terus berupaya melaksanakan pembangunan diberbagai sektor. Namun karena minimnya Pendapatan Asli Nagari (PAN), tentu belum seluruh aspirasi masyarakat yang dapat terealisasikan. Sebab pembangunan yang dilaksanakan selama ini boleh dikatakan mengandalkan bantuan dari pemerintah saja, baik dibiayai APBD maupun APBN.

Untuk itu, Sudirman Adnan sangat mengharapkan sekali peran serta perantau dalam pembangunan. Dengan pasoko’an pelaksanaan pembangunan, tentu apa yang menjadi tujuan, yaitu mewujudkan nagari impian, akan dapat terealisasi sesuai harapan masyarakat dan pemerintah daerah.

“Selama ini kita hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah saja, baik pemerintah Kabupaten maupun bantuan dari pemerintah pusat. Maka sekarang saya sangat mengharapkan sekali peran serta semua pihak, termasuk bantuan moril dan materil dari perantau, dengan harapan pembangunan nagari Palangki dapat lebih tergenjot lagi,” harapnya.

Selain itu, sebagai nagari binaan dari pemerintah Propinsi Sumatera Barat, ia juga sangat mengharapkan adanya program pembangunan yang berkesinambungan dari pemerintah propinsi. Tidak hanya pembinaan administrasi saja yang dilakukan, tapi hendaknya dibarengi dengan pembangunan fisik, yang menyentuh langsung kepada kesejahteraan masyarakat. Seperti di sektor pertanian, perkebunan, perikanan maupun sektor lainnya. Sebab 80 persen masyarakat Palangki hidup dari hasil bertani.

“Sebagai nagari binaan dan telah mampu mengharumkan nama Sumatera Barat ditingkat Nasional pada lomba Kesehatan Lingkungan tahun 2007 lalu, sepantasnya lah kami juga mengharapkan program pembangunan terpadu dari pemerintah propinsi,” katanya dengan nada berharap.
sumber :Eri Chaniago

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s