Walinagari Tanjung Bonai Aur Raih Peringkat Pertama


Sijunjung Weblog News

Walinagari Tanjung Bonai Aur, Sunardi yang merupakan utusan dari Kecamatan Sumpur Kudus, akhirnya berhasil meraih nilai tertinggi dalam penilaian kompetensi walinagari tingkat Kabupaten Sawahlunto Sijunjung.
Tampilnya, Sunardi sebagai juara pertama dan sekaligus utusan Kabupaten Sawahlunto Sijunjung dalam lomba yang sama tingkat Provinsi Sumatera Barat, setelah tim penilai yang di pimpin, Ketua PWI Perwakilan Sawahlunto Sijunjung, Syaiful Husein dengan anggota Nizam Ul Muluk (LKAAM), Hidayatullah (MUI), Fajar Seftian (Dewan Pendidikan) dan Drs.Syukri, MM (Kabag Pemnag) memberikan nilai tertinggi kepadanya.
Nilai yang diraih Sunardi hanya terpaut beberapa point saja dengan rivalnya.Dimana Sunardi meraih nilai 1372,2 dengan rata-rata 686,1.Kemudian disusul Walinagari Miaro Bodi, Drs.HE.Nangkodo, SPt mendapat nilai 1371,6 dengan rata-rata 685,1.Tempat ketiga ditempati H.Amrizal mendapat nilai 1363,2.
Atas berhasilan tersebut, juara pertama memperoleh piala bergilir Bupati sawahlunto Sijunjung, piala tetap, piagam dan uang pembinaan Rp 4.5 juta, Juara kedua piala tetap, piagam dan uang pembinaan Rp 2.5 juta.Sementara juara ketiga, piala tetap, piagam dan uang sebesar Rp 1,5 juta.


Ketua Tim Penilaian Kompetensi Walinagari, Syaiful Husein , Rabu kemarin mengatakan, beberapa kriteria yang menjadi acuan penilaian terhadap kompetensi walinagari antara lain mengenai kemampuan personil walinagari dalam tim kerja, komunikasi, managemen, kepemimpinan, analisa masalah dan mentalitas.
Dari materi itu, sambungnya, dinilai tiga indikator yang menyangkut; Penyelenggaraan Pemerintahan, Pengembangan Ekonomi dan Pengentasan Kemiskinan serta Pengembangan dan Pelestarian Nilai-Nilai Adat, Budaya dan Agama.
“Beberapa kriteria yang menjadi acuan penilaian, Walinagari Tanjung Bonai Aur, Sunardi meraih nilai tertinggi.Kemudian disusul Walinagari Muaro Bodi, Drs.HE.Nangkodo, SPt dan Walinagari Kandang Baru, H.Amrizal,” sebut Ketua PWI Perwakilan Sawahlunto Sijunjung ini.
Ditempat terpisah Kepala Bagian Pemerintahan Nagari, Drs.Syukri, MM mengatakan, dasar penilaian kompetensi walinagari itu sesuai dengan Peraturan Gubernur Sumbar nomor 14 tahun 2007 dan Keputusan Bupati Sawahlunto/Sijunjung nomor 188.45/86/KPTS-BPT-2008.
Seiring dengan itu, sasaran yang diharapkan bagaimana meningkatkan motivasi dan gairah kerja serta memberikan rangsangan berupa penghargaan (award) terhadap walinagari.
Dikatakan, penilaian yang dilakukan, selain mendengar ekspos yang dipaparkan walinagari, tim penilai juga melakukan peninjauan lapangan serta melakukan wawancara dengan perangkat nagari dan masyarakat.Hal itu dilaksanakan agar tidak terjadi penilaian yang semu.Sebab hasil penilaian yang terbaik akan mewakili Sawahlunto Sijunjung untuk penilaian tingkat Sumbar.
sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s