MASYARAKAT JORONG SAWAH GADANG BUKA JALAN TEMBUS

Sijunjung Weblog News

Memanfaatkan dana partisipatif yang dikucurkan Pemkab Sawahlunto Sijunjung Rp155 juta, masyarakat Jorong Sawah Gadang, Nagari Pulasan dan Jorong Kayu Gadih, Nagari Tanjung Gadang membuka jalan tembus secara bersama melalui goro sepanjang 4,5 kilometer dan lebar 6 meter.

Disamping dikerjakan melalui goro, guna terwujudnya jalan yang telah didambahkan sejak puluhan tahun lalu, masyarakat juga tidak meminta ganti rugi, tanah, sawah, kebun dan peladangan yang dipergunakan untuk jalan, termasuk ganti rugi berbagai tanaman yang ditebang, sehingga nilai partisipasi masyarakat dalam pembukaan jalan itu, mencapai Rp78 juta lebih, kata Kepala Bappeda Sawahlunto Sijunjung Drs. Muchlis Anwar, MSM.



Menurut Muchlis, jalan yang dibuka dari Jorong Sawah Gadang ke Jorong Kayu Gadih, sangat besar artinya dan manfaatnya bagi masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian seperti padi, karet dam komoditi lainnya.

Karena ketiadaan jalan, selama ini masyarakat terpaksa mengangkut dan memasarkan hasil pertaniannya dengan cara dijujung dan dipikul melalui jalan setapak yang kecil dan sempit.

Bahkan masyarakat Jorong Sawah Gadang, dalam menjual hasil pertaniannya ke pasar Tanjung Gadang, selain menjujung dan memikul dengan menelusuri jalan setapak sepanjang 5 kilomter, mereka juga terpaksa menempuh jalan memutar ke Nagari Pulasan, dengan jarak tempuh keseluruhan lebih kurang 15 kilometer.

Namun kini, setelah jalan tembus terbuka, selain tidak menjunjung dan memikul, dalam menjual hasil pertanian ke pasar Tanjung Gadang, rakyat Jorong Sawah Gadang juga tidak perlu lagi menempuh jalan memutar ke Nagari Pulasan. Tapi mereka sudah bisa menaiki kendaraan roda dua atau roda empat lewat Jorong Kayu Gadih dengan jarak tempuh sekitar 7 kilometer. Artinya, selain petani telah cukup mudah dalam mengangkut dan memasarkan hasil pertaniannya, ongkos kendaraan yang dikeluarkan juga sudah berkurang, karena jarak tempuh telah semakin pendek, kata Muchlis.

Disisi lain Muchlis menjelaskan, jalan yang bertujuan meningkatkan ekonomi dan kesejahtraan rakyat, setelah pemakaiannya diresmikan Wakil Bupati Sawahlunto Sijunjung, Yuswir Arifin, juga telah ditinjau oleh Bupati Darius Apan, beberapa hari lalu.

Supaya tujuan pembukaan jalan benar-benar mencapai sasaran dan harapan, sesuai kemampuan keuangan Pemkab Sawahlunto Sijunjung, secara bertahap jalan itu akan dipadatkan, dikeraskan dan dikerekel.
sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s