DELAPAN NAGARI BERKOMPETISI

Sijunjung Weblog News

Delapan nagari unggulan kecamatan, akan berkompetisi di tingkat Kabupaten Sawahlunto Sijunjung, untuk meraih yang terbaik. Kedelapan nagari itu, Padang Sibusuk (unggulan Kecamatan Kupitan), Muaro Bodi (Kecamatan IV Nagari), Palaluar (Koto VII), Manganti (Sumpur Kudus), Taratak Baru (Tanjung Gadang), Kandang Baru (Sijunjung), Buluh Kasok (Lubuak Tarok) dan Nagari Aie Amo (unggulan Kecamatan Kamang Baru).

“Untuk memilih yang terbaik dan berprestasi, penilaian akan dilakukan mulai pertengahan Maret ini oleh tim kabupaten,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Penanggulangan Kemiskinan (PMPK) Sawahlunto Sijunjung, Drs. Abasri Jusad, SH, M. Hum didampingi Kasi Pemberdayaan Kelembagaan, Erfan, SH, Rabu kemarin, di ruang kerjanya.

Tim penilai kabupaten yang dipimpin langsung oleh Abasri Jusad, beranggota 21 orang, terdiri dari aparatur dan pejabat berbagai badan, dinas, kantor, lembaga, organisasi dan pers. Indikator yang dinilai, antara lain kemajuan bidang pendidikan, kesehatan serta ekonomi dan partisipasi masyarakat, ketentraman, ketertiban dan kesadaran berbangsa, keberadaan lembaga kemasyarakatan, pemerintahan nagari serta penerapan filosofis atau pandangan hidup masyarakat yang dilandasi akar budaya Minangkabau “adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah.”

Untuk memacu semangat masyarakat serta pemerintah dan lembaga nagari dalam menghadapi lomba yang tujuan utamanya memajukan pembangunan, Pemkab Sawahlunto Sijunjung menyediakan hadiah yang secara keseluruhan berjumlah Rp44 juta. Hadiah itu disiapkan untuk nagari terbaik I Rp23 juta, terbaik II Rp10 juta, terbaik III Rp7 juta dan harapan I Rp4 juta. Hadiah juga dilengkapi dengan piala dan piagam penghargaan.

Selain menerima piala bergilir dan piala tetap serta piagam penghargaan dan tabanas Rp23 juta, nagari yang terpilih sebagai terbaik pertama, juga akan mewakili Kabupaten Sawahlunto Sijunjung dalam mengikuti lomba nagari berprestasi. Disamping berbagai hadiah, walinagari yang nagarinya terbaik di tingkat provinsi dan nasional, akan diundang ke istana negara, pada peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia , 17 Agustus 2008, jelas Abasri Jusad.
sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s