Tokoh kelahiran Sijunjung : Baihaki Hakim


Sijunjung Weblog News

Ketika Baihaki Hakim diminta menjadi direktur utama (dirut) di Pertamina pada bulan Februari 2000, Presiden KH Abdurrachman Wahid berpesan agar Pertamina mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan minyak asing. Saat itu, Pertamina bukan saja tidak punya kegiatan produksi di luar negeri, bahkan di dalam negeri pun hanya menjadi “mandor” dari kontraktor bagi hasil (KPS).

Waktu itu Baihaki baru menyelesaikan tugasnya sebagai Presiden Direktur PT Caltex Indonesia yang disandangnya sejak tahun 1994, dan Presiden butuh orang berpengalaman perminyakan dan mampu mengangkat perusahaan Pertamina ke kancah internasional. Baihaki diusulkan mengingat pengalamannya selama 31 tahun di perusahaan migas Caltex.

Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) itu sebenarnya tengah bersiap untuk pensiun dari urusan migas. Bahkan, lelaki berpenampilan sederhana yang lahir di Sijunjung, Sumatera Barat ,tanggal 3 Desember 1942 ini sudah mempersiapkan rumah di Cirebon untuk menikmati hari tuanya.

Ia mengurungkan niatnya. Ia yang dulu dikenal menghindari bertemu semua mitra Pertamina di kediaman pribadinya, akhirnya bersedia menjadi Dirut Pertamina.

Baihaki bertekad membuat Pertamina mendunia dan tuan rumah di negerinya sendiri. Ia ingin Pertamina tak lagi hanya menjadi perusahaan “mandor” yang terima setoran dari perusahaan asing, yang mengeduk “emas hitam” dari perut bumi negeri ini.

Nama:
Ir. Baihaki Hakim
Lahir:
Sijunjung, Sumatera Barat 3 Desember 1942
Jabatan:
Direktur Utama Pertamina 2000
Presiden Direktur PT Caltex Indonesia 1994-2000
Pendidikan:
SMA di Medan
Institut Teknologi Bandung (ITB)
Anak:
Tommy Baihaki
Fiona Baihaki
sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s