Penambahan modal bagi usaha kecil


Sijunjung Weblog News

Kepala Dinas Koperindag Yusrizal.SE, mengatakan pemerintah kabupaten Sawahlunto/Sijunjung tahun 2008 ini menganggarkan dana sebesar Rp 2 milyar untuk pemilik usaha kecil,menengah dan koperasi.
Hal itu disampaikan oleh Yusrizal dalam percakapanya dengan Haluan Minggu lalu usai upacara Hari Jadi di Tugu Monumen nagari Tanjung Bonai Aur kecamatan Sumpur Kudus dalam rangka penambahan modal bagi usaha kecil di Ranah Lansek Manih ini.
Dana yang disalurkan itu berasal dari APBD tahun 2008, dengan rincian, Rp400 juta diperuntukkan bagi usaha mikro dan merupakan pengguliran dari tahun sebelumnya. Khusus untuk usaha mikro ini, calon penerima hanya mengajukan permohonan tanpa harus memakai agunan.

Sementara sebesar Rp1,6 milyar lagi untuk penambahan modal usaha pemilik usaha kecil dan menengah serta koperasi.
Usaha mikro yang dimaksud adalah masyarakat yang memiliki usaha dagang kecil-kecilan, seperti penjual lontong, makanan dan sejenis usaha lainnya.
Besar pinjaman yang diberikan maksimal Rp1 juta, dengan bunga sebesar 6 persen setahun, atau setengah persen per bulan dengan adanya bantuan ini pengusaha kecil banyak memasukkan permohonan
Khusus untuk usaha mikro ini, sebelum program tersebut diluncurkan, terlebih dahulu disosialisasikan kepada masing-masing walinagari.
Sedangkan tambahan modal usaha akan diberikan kepada pemilik usaha kecil dan menengah serta koperasi, yang telah memiliki izin usaha, SIUP dan TDP atau TDI.
Sampai sekarang telah ada 30 permohonan yang masuk, dan dalam waktu dekat, akan diseleksi dan di survey bentuk dari usaha yang dimiliki pemohon.
Besar bantuan untuk sektor usaha koperasi atau kelompok maksimal sebesar Rp 50 juta, sedangkan untuk usaha perorangan besar bantuan yang diberikan maksimal sebesar Rp20 juta.
sumber :Mashariyanto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s