penguatan modal bagi usaha kecil dan menegah (UKM) di Kabupaten Sawahlunto Sijunjung

Sijunjung Weblog News

Dalam rangka membantu penguatan modal bagi usaha kecil dan menegah (UKM) di Kabupaten Sawahlunto Sijunjung, tahun ini Pemkab setempat melalui Dinas Koperindag dan PM Sawahlunto Sijunjung meyalurkan bantuan kredit UKM sebesar Rp3 miliar kepada pengusaha kecil dan menegah yang kesulitan dalam mengembangkan usaha akibat kekurangan penyertaan modal.

“Tahun sekarang sudah dianggarakan dalam APBD Sawahlunto Sijunjung sebesar Rp2 miliar, sedangkan yang Rp1 miliar lagi merupakan dana bergulir yang berasal dari pengembalian kredit UKM sebelumnya,” kata Kadis Koperindag dan PM Sawahlunto Sijunjung, Yusrizal SE kepada Investigasi di Muaro Sijunjung, Kamis (10/1).


Menurut Yusrizal, dalam beberapa kurun waktu belakangan ini—pasca terjadinya pemekaran dengan berdirinya kabupaten Dharmasraya—tingkat pengembalian yang dilakukan oleh pelaku (UKM) yang menerima dana bantuan bergulir itu mengalami peningkatan yang cukup berarti. Sehingga, pengembalian yang mereka lakukan itu bisa digulirkan lagi kepada pelaku UKM yang belum pernah menerima dana bantuan penguatan modal.

“Mudah-mudahan dengan adanya tingkat pengembalian ini semakin membuktikan bahwa pelaku UKM yang kita bantu mengalami kemajuan dalam berusaha. Kalau tidak, bagaimana mungkin mereka bisa mengangsur pengembalikan kredit tersebut, terhitung setahun setelah mereka mengembangkan usaha dari dana bantuan yang diberikan,” jelasnya. (doni aries)

sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s