PENSIUNAN DIHIPNOTIS, UANG YANG BARU DIAMBIL RAIB

Sijunjung Weblog News

Bustamiruddin Dt.Tonggak (83), kena ipnotis, Rp600 ribu uang pensiun yang baru saja diambil, raib dari kantongnya, Rabu (2/1) setelah dia diajak naik mobil kijang oleh dua pemuda yang tidak dia kenal.

Awal Desember lalu, Asni. M, 71 juga mengalami peristiwa dan nasib yang sama. Rp600 ribu uang pensiun yang baru diambil dari Kantor Pos dan Giro Muaro Sijunjung, juga raib dari dalam tasnya.

Kini kasus penipuan gaya baru itu, sedang dilacak oleh Kapolsek Sijunjung AKP Radisman bersama anggotanya.

Menurut informasi yang dihimpun Kamis siang, Bustamiruddin Dt.Tonggak yang baru saja mengambil uang pensiun, Rabu (2/1), di BRI Unit Sijunjung Rp600 ribu, dalam perjalanan secara tiba-tiba didatangi dua lelaki yang mengaku diperintah kemenakan korban menjemputnya dengan mobil Kijang merah BA.2566.

Karena percaya, warga Jorong Tapian Nanto Nagari Sijunjung ini langsung naik ke atas mobil yang pintunya sudah dibuka. Setelah itu mobil meluncur ke arah Pematang Panjang dan kembali ke Sijunjung.

Sesampai di Sijunjung, pensiunan yang sudah jompo ini diturunkan di depan Musala Al-Iklas. Begitu mobil bergerak pergi, Bustamiruddin ingat dengan uang pensiun yang baru diambil. Namun uang yang semula disimpan di saku celana, tidak ada lagi.

Sadar kalau sudah tertipu, Bustamiruddin langsung melaporkan nasib dan peristiwa yang dialaminya kepada polisi sektor Sijunjung.

Kejadian serupa juga menimpa warga jorong Tapian Sudang Nagari Sijunjung, Asni. M, awal Dsember lalu. Siang itu Asni baru saja mengambil uang pensiun di Kantor POS dan Giro Muaro Sijunjung.

Saat menunggu kenderaan untuk pulang ke rumah, Asni ditegur dua laki-laki serta menawarkan jasa baiknya mengantarkan korban ke tempat tujuan. Karena mengaku bekas anak didiknya, Asni tidak berprasangka jelek, sehingga pensiunan guru ini naik begitu saja ke atas mobil.

Setelah turun Di pasar Sijunjung, Asni langsung ke tempat Hj.Lela untuk mebayar arisan. Namun saat mengambil uang di dalam tas, ternyata uang pensiun yang baru diterima Rp600 ribu tidak ada lagi ditempatnya.

Kapolsek Sijunjung AKP Radisman yang dikonfimasi diruang kerjanya, membenarkan adanya korban penipuan ini.

“Selain melacak pelaku, setelah Asni melaporkan peristiwa yang dialaminya, kami juga mengirim surat himbauan kepada petugas kantor Pos dan walinagari yang intinya menasehati para penerima pensiun agar lebih berhati-hati setelah mengambil uang pensiun. Namun ternyata himbauan kami itu belum membuahkan hasil. buktinya masih ada yang tertipu,” kata Radisman.

Tentang mobil Kijang BA.2566, setelah ditelusuri ke Samsat Sijunjung oleh anggota Polsek, ternyata nomor polisi seperti itu tidak ada. Yang ada hanya BA 2566 K, dengan jenis Carry, tambah Radisman. –nas
sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s