TRANSAKSI MELONJAK TERNAK AMAN DARI ANTRAKS

Sijunjung Weblog News

Sampai minggu kedua Desember 2007 ini, transaksi penjualan ternak di pasar ternak Palangki mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kalau minggu pertama Desember, jual beli ternak hanya 1.015 ekor, Minggu kedua ini jumlahnya meningkat menjadi 1.114 ekor.
Kepala UPTD Pasar Ternak Palangki, Efriadi, Senin (10/12) mengatakan, lonjakan transaksi ternak ini, memang di luar dugaan, kalau sebelumnya transaksi hanya berkisar ratusan ekor saja, tapi di penghujung tahun 2007 ini jumlahnya melebihi dari seribu ekor.
Kondisi ini kata Efriardi, berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan asli daerah, dari sektor retribusi ternak.


Menyinggung kondisi ternak yang masuk, Efriadi menjelaskan, sampai saat ini, ternak yang transit dan masuk ke pasar ternak Palangki, kondisinya cukup baik, dan tidak ada yang terserang penyakit antraks.
Menurutnya, setiap ternak yang datang memang diawasi saat memasuki pasar, pengawasan dilakukan di pintu gerbang masuk, dan kalau kedapatan ada ternak yang sakit, maka ternak tersebut terpaksa di tolak.
Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi, adanya ternak yang dicurigai mengandung penyakit menular masuk ke lokasi pasar, dan bisa berakibat fatal terhadap ternak lainnya.
Kemudian Efriadi juga mengakui, saat ini tingkat kesadaran dan pengetahuan para pedagang ternak, juga sudah meningkat, para pedagang sudah banyak mengerti dengan jenis-jenis penyakit berbahaya, sehingga mereka tak lagi mau membeli ternak yang sakit.
Ciri-ciri ternak yang terkena penyakit antraks antara lain keluar darah dari persendian, hidung, telinga, dan kemaluan. Kalau ada ternak yang mengalami gejala tersebut, sebaiknya masyarakat berhati-hati, dan tidak membeli ternak tersebut.

sumber : eri chaniago

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s