MEMBANGUN BENDUNGAN DI PALANGKI


Sijunjung Weblog News

Kesulitan petani selama ini untuk mendapatkan pengairan sawah akan segera dapat teratasi, karena mulai tahun 2008, pembangunan Bendung Batang Palangki akan di mulai pengerjaannya.

Walinagari Palangki, Sudirman Adnan Datuak Rangkayo Mulia, Selasa (4/12) mengatakan, rencana pembangunan bendung Batang Palangki itu, memang sudah lama di dambakan masyarakat, dan itu akan terwujud tahun 2008 mendatang.

Untuk tahun 2007 telah dilakukan survey lokasi bendung telah dilaksanakan, dan sekarang tengah dibuat disain bendung oleh tim Propinsi Sumatera Barat


Sekaitan dengan rencana pembangunan bendung tersebut, Walinagari meminta kepada masyarakat, agar dapat memelihara dan menjaga areal persawahan yang ada, dan tidak lagi melakukan penambangan emas yang sifatnya hanya sesaat.

Kemudian, dalam pelaksanaan proyek bernilai milyaran rupiah itu, walinagari juga meminta dukungan masyarakat, serta tidak mempersulit pengerjaannya. Sebab, dengan keberadaan bendung berskala besar itu, akan sangat menunjang pertumbuhan ekonomi di masa datang.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Kabupaten di wakili Kepala Bidang Pengairan, Ir. Zainal Abidin mengakui, kalau pembangunan bendung Batang Palangki akan dilaksanakan tahun 2008.

Untuk tahap awal, tahun 2007 ini juga telah dilakukan survey oleh tim dari Dinas PSDA Propinsi Sumatera Barat, dan sekarang tengah dibuat disain bendung oleh tim tersebut. Survey ini di biayai dengan dana APBD Propinsi Sumatera Barat senilai Rp 250 juta.

Menurut Zainal, pembangunan mega proyek bernilai Rp5 milyar itu, dilaksanakan secara bertahap. Tahap awal akan dilakukan pembangunan fisik bendung serta jaringan primer sepanjang 5 Km. Dananya juga berasal dari APBD Propinsi Sumatera Barat.

Jika selesai pembangunannya, bendung Batang Palangki akan mampu mengairi 4300 hektar sawah petani, yang berada di Kecamatan IV Nagari dan Kecamatan Sijunjung. Dan diperkirakan akan dapat memproduksi 25.800 ton gabah setiap tahunnya.

Selain untuk sumber pengairan, bendung Batang Palangki juga akan di plot untuk kebutuhan air bersih di Muaro Sijunjung selaku ibukota kabupaten, yang selama ini sangat rentan kekurangan air bersih, terutama di musim kemarau. Eri Chaniago.

sumber :http://www.sijunjung.go.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s