Ujian penerimaan calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) di Kab. Sawahlunto Sijunjung

Sijunjung Weblog News

Kepala Badan kepegawaian Daera (BKD) kabupaten Sawahlunto/Sijunjung Yunanto Masri.SE mengatakan bagi peserta yang ikut ujian calon pegawai negeri sipil Daerah (CPNSD) agar dapat menghindari jasa calo yang mulai gentayangan di Ranah Lansek Manih ini.
Ujian penerimaan calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) di seluruh Sumbar tinggal menghitung hari. Tepatnya, Minggu 2 Desember nanti, sebanyak 1245 peserta pun akan memperebutkan 50 jatah CPNSD yang diperuntukan bagi Pemkab Sawahlunto Sijunjung.


“Tidak ada istilah calo, apalagi minta tolong. Pasalnya, pemda tidak bisa campur tangan karena yang membuat dan memeriksa soal adalah Universitas Negeri Padang (UNP).
Menurut Yanto yang ditemui Haluan Rabu (28/11) kemaren berharap kepada peserta supaya dapat mengeluarkan seluruh kemampuan dan tampil percaya diri dengan memperbanyak belajar ilmu pengetahuan umum.
Penerimaan CPNSD kali ini, dikatakan Yunanto, sangat erat persaingannya di antara sesama peserta. Untuk itu tampilah dengan rasa percaya diri yang tinggi karena sudah tidak saatnya lagi menggantungkan nasib pada orang lain, termasuk dengan mempergunakan jasa calo. “Jangankan calo, kita saja di Pemda tidak bisa menolong. Karena itu hadapilah ujian nanti dengan segala kemampuan yang dimiliki,” ingatnya lagi.
Pada waktu ujian nanti akan ada pengawasan langsung dari tim provinsi yang terdiri dari BKD, Polda Sumbar dan PD Grafika (pencetak soal). Tim inilah yang akan membawa soal sehari sebelum ujian di mulai. Dan, setelah ujian selesai, berkasnya pun langsung diangkut ke Padang untuk diserahkan pemeriksaannya pada UNP.
“Setelah berkas ujian ini diperiksa, diserahkan ke gubernur. Dari gubernur itulah nanti kita menerima hasil ranking peserta yang dinyatakan lulus.
Jadi, tidak ada kuasa pemkab dalam menentukan lulus atau tidaknya peserta. Karena itu hindarilah upaya minta tolong dan calo yang hanya memanfaatkan momen ini untuk mencari uang,” pesan Kepala BKD selaku Sekretaris Panitia Penerimaan CPNSD mengulang mengingatkan.
Untuk memberi pelayanan kepada CPNSD, Pemkab Sawahlunto Sijunjung sudah membuat posko penerimaan secara langsung di SKB (sanggar Kegiatan Belajar) Muaro Sijunjung pada hari pendaftaran 16-22 November lalu. Sementara yang mendaftar melalui kantor Pos yang diterima 156 peserta dari 202 peserta yang mendaftar.

“Hari Sabtu dan Minggu pun tetap kita memberikan pelayanan. Dari 1089 yang mendaftar, lulus semua kelengakapan adminstrasi. Pasalnya, di waktu pendafataran langsung itu kita berikan penjelasan mana-mana saja persyaratan yang harus dilengkapi. Selama ini tidak ada yang komplain, karena arahan yang kita berikan sesuai aturan,” katanya.
Dari formasi yang dibutuhkan, untuk tenaga pendidik akan diterima sebanyak 20 orang sementara yang ikut bertarung sebanyak 677 peserta. Tenaga kesehatan diterima 15 orang dari 229 peserta, dan tenaga teknis dari 339 peserta akan diterima sebanyak 15 orang. Sehingga, total keseluruhan CPNSD yang akan diterima untuk Sawahlunto Sijunjung adalah 50 orang.
Para peserta yang akan mengikuti ujian pada Minggu nanti di bagi dalam beberapa lokal. SMK 1 Tanjung Ampalu terpakjai 17 lokal, SMA 1 Muaro Sijunjung 16 lokal, SMA 2 Muaro Sijunjung 12 lokal, dan SMP 7 terpakai sebanyak 18 lokal. “Total keseluruhan lokal yang terpakai untuk ujian CPSD adalah 63 lokal. Tempat ujian senagaja kita fokuskan pada dua tempat, yakni Tanjung Ampalau dan Muaro Sijunjung.

sumber :Mashaiyano (wartawan harian Haluan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s