3.503 Tamatan SDN Tertampung Seluruhnya

sijunjung weblog news
Berdasarkan laporan para Kepala SMPN, dari 3.503 orang tamatan 198 SDN dan dua MIUT pada tahun ajaran 2006/2007 ini, 2.408 melanjutkan pendidikan pada 37 SMPN Sawahlunto Sijunjung.
Sedangkan yang 1.095 diperkirakan mendaftarkan diri pada sejumlah MTsN, MTsS, SMPS, SMPT, SSA dan SMP-IUT. Namun berapa masing-masing madrasah dan SMP itu menerima siswa baru, belum diketahui secara pasti, karena sampai hari ini laporannya belum masuk, kata Kabid SLTP/SLTA Dinas Pendidikan Kabupaten Sawahlunto Sijunjung Drs. Ramanuddin, MM di ruang kerjanya, Selasa (17/7).
Untuk menyampaikan laporan tuntas berapa masing-masing sekolah menerima siswa baru, baik tingkat SLTP maupun SLTA, para Kepala sekolah diberi tenggang waktu sampai 31 Juli mendatang.
Setelah seluruh Kepala sekolah menyampaikan laporan, baru bisa diketahui berapa jumlah tamatan SDN dan SLTP yang tidak melanjutkan pendidikan di Kabupaten Sawahlunto Sijunjung, tambah Ramanuddin yang didampingi Kasi Kurikulum dan Tenaga Teknis SLTP/SLTA Drs. Ferry Eddy.


Tentang 3.503 tamatan 198 SDN dan dua MIUT (Madrasah Ibtidaiyah Unggul Terpadu), kata Ramanuddin, seluruhnya bisa tertampung di Kabupaten Sawahlunto Sijunjung.
Karena disamping 37 SMPN, juga ada empat MTsN, 10 MTsS, dua SMPS (Sekolah Menengah Pertama Swasta), tiga SMPT (Sekolah Menengah Pertama Terbuka), enam SSA (Sekolah Satu Atap) dan satu unit SMP-IUT (Sekolah Menengah Pertama-Islam Unggul Terpadu).
“Artinya, dalam menuntaskan program wajib belajar sembilan tahun kita tidak ada masalah, karena sarana pendidikan sudah mencukupi. Disamping itu, tamatan SDN yang melanjutkan ke SMPN, juga tidak membayar uang pembangunan dan uang komite, karena seluruhnya sudah ditanggulangi dengan dana BOS, termasuk untuk pembeli buku cetak berbagai mata pelajaran,” jelas Ramanuddin dan Ferry Eddy.
Sementara dari 2.557 siswa tamatan SLTP, 1.049 melanjutkan pada 11 SMAN dan 414 pada empat SMKN. Selebihnya (1.094 siswa), disamping dua MAN dan dua SMKS, juga tidak tertutup kemungkinan melanjutkan pendidikannya pada SLTA di daerah lain, tambah Ramanuddin.
sumber :Nasrul Rasyad-singgalang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s