Penolakan Masyarakat Lubuak Tarok terhadap PT.Sasindo

Ninik mamak dan masyarakat Nagari Lubuk Tarok Kecamatan Lubuk Tarok mengharapkan, kandungan batu bara yang berada dalam Hak Guna Usaha (HGU) PT.Sasindo, tidak diolah menjadi areal perkebunan.
Harapan itu disampaikan salah seorang ninik mamak nagari Lubuk Tarok, Ir.AA Datuk Paduko Rajo dan masyarakat Nagari Lubuk Tarok, Adrias Yahya kepada Haluan secara terpisah, di Muaro Sijunjung, Kamis (12/7) kemarin.
Menurut, AA Datuk Paduko Rajo dan Adrias Yahya, potensi batu bara yang berada dalam HGU yang diberikan kepada PT. Sasindo sangat besar.Selain besar, katanya, mutu batu bara cukup baik.
“Kalau potensi itu sudah dieksploitasi, dapat dipastikan kemajuan pembangunan di wilayah Kecamatan itu akan berkembang pesat. Sebab hasil dari batu bara itu pasti akan memberikan kontribusi bagi daerah sekitarnya,” ujar Adrias Yahya.

Dikatakan, HGU yang di berikan kepada PT.Sasindo untuk mengolah perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Lubuk Tarok luasnya lebih kurang 5.000 hektar.Dari luas itu, sebut AA Datuk Paduko Rajo, 100 hektar mempunyai potensi batu bara.
Karena itulah, ninik mamak dan masyarakat Nagari Lubuk Tarok mengharapkan potensi batu bara yang berada HGU PT.Sasindo seluas 100 hektar itu, tidak di garap menjadi perkebunan kelapa sawit.”Kami berharap lahan seluas 100 hektar itu tidak digarap menjadi perkebunan,” harapnya.
Diakui, tanah ulayat di Lubuk Tarok telah diserahkan kepada PT.Sasindo untuk diolah menjadi perkebunan kelapa sawit.Cuma saja, sebut pemegang tanah ulayat di Nagari Lubuk Tarok ini, dalam surat pernyataan yang diteken, Ir.AA Datuk Paduko Rajo, N.Datuk Rajo Lelo dan K.Datuk Bandaro Sati, bila terdapat kandungan batu bara dalam tanah ulayat tersebut, maka PT.Sasindo tidak dibenarkan mengolah dan menanami.
“Penjelasan itu, telah berulang kali kami sampaikan saat pertemuan ninik mamak, tokoh masyarakat dan masyarakat nagari Lubuk Tarok dengan PT.Sasindo,” sebut pemegang ulayat dalam surat pernyataannya yang ditujukan kepada Bupati Sawahlunto Sijunjung, dengan tembusan diberikan kepada Ketua DPRD Sawahlunto Sijunjung dan Camat Lubuk Tarok.(azn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s