Hukuman Bagi Terdakwa Ilegal Logging

Majelis hakim menjatuhkan hukuman terhadap dua terdakwa kasus membawa kayu ilegal Syamsurijal (31) dan Perinaldo (38), masing-masing 20 bulan penjara dan denda masing-masing Rp2 juta subsider 4 bulan kurungan. Vonis ini disampaikan majelis hakim yang diketuai Lis Susilwati SH MH dengan hakim anggota Tri Margono SH dan Tri S Saragih SH, di ruang sidang utama PN Muaro Sijunjung, Rabu

Dalam amar putusan majelis hakim yang disampaikan secara bergantian itu dinyatakan, kedua sopir ini terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 58 ayat 3 hurug h, jo pasal 78 ayat 7 dan ayat 15 Undang-Undang (UU) no.41 tahun 1999 tentang kehutanan jo UU no.19 tahun 2004 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU no.1 tahun 2004 tentang perubahan atas UU no.41 tahun 1999 tentang kehutanan menjadi UU jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Sebelum memutuskan hukuman, majelis juga mempertimbangkan hal yang memberatkan diantaranya, perbuatan kedua warga Tanjunggadang yang tertangkap oleh petugas kepolisian sedang membawa kayu dari Pulasan Kecamatan Tanjungagadng menuju Jakarta di Bukik Talawung pada Sabtu (10/3) sekitar pukul 05.00 WIB itu dapat merusak lingkungan.

Sedangkan yang meringankan keduanya berlaku sopan, berterus terang dan mempunyai tanggungan keluarga. Kayu yang dibawa kedua sopir tidak dilengkapi dengan surat keterangan hasil hutan (SKHH) maupun faktur angkutan kayu olahan (Fako). Akibatnya, negara dirugikan sebesar Rp.2.371.200, karena tidak membayar PSDH dan Dana Reboisasi (DR).

Selain menjatuhkan hukuman penjara dan denda, majelis hakim juga menetapkan barang bukti berupa kayu sebanyak 239 keping atau 6,6832 meterkubik dan sebuah truk jenis colt Diesel dengan nomor polisi BA9208 V beserta selembar STNK atas nama Nursiah dirampas untuk negara. Kedua terdakwa juga dibebani dengan biaya perkara masing-masing Rp1.000,-

Putusan majelis hakim ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Limra Mesdi, S.H dari Kejaksaan Negeri Sijunjung yang menuntut kedua dihukum masing-masing 2 tahun denda Rp5 juta subsider 3 bulan kurungan dan barang bukti disita untuk negara. Namun atas putusan itu, kedua terdakwa menerimanya sedangkan JPU masih pikir-pikir. (nop)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s