sosialisasi kebijakan daerah

Pengurus dan pengelola pasar serikat dan nagari diminta proaktif memperbaiki kondisi fisik pasar yang sudah tidak memadai lagi untuk menampung pedagang dan pembeli.
“Pengurus dan pengelola agar proaktif memperbaiki kondisi pasar yang sudah sudah tidak memadai lagi untuk manampung pedagang dan pembeli,” ujar Wakil Bupati Sawahlunto Sijunjung, Yuswir Arifin dihadapan pengurus dan pengelola pasar serikat dan nagari ketika membuka sosialisasi kebijakan daerah tentang pasar serikat dan nagari, di Balairuang Lansek Manih, Kamis (5/7).
Dikatakan, kondisi fisik pasar serikat maupun nagari di kabupaten ini, banyak yang tidak layak menampung pedagang dan pembeli.Hal itu, sebut wakil bupati, usianya sudah mencapai diatas 20 tahun.


Kondisi seperti itu, sambungnya, perlu dipikirkan pengurus dan pengelola pasar untuk memperbaiki.”Kondisi demikian, mau tidak mau harus segera di perbaiki.Jika tidak segera dibenahi akan membuat pasar semberaut,” tandas orang nomor dua di Pemkab Sawahlunto Sijunjung ini.
Karena itu, dia minta pengurus dan pengelola proaktif membenahi kondisi pasar sehingga aktifitas jual beli tidak semberaut dan bisa menampung pedagang dan pembeli.
Selain itu, lingkungan pasar juga perlu ditata.Penataan itu, dimaksud agar pedagang kaki lima (PKL) tidak tumpah sampai ke jalan.Seperti di Pasar Sijunjung, karena penataan yang kurang, banyak PKL yang tumpah ke jalan dan menganggu lulu lintas.
Seiring dengan itu, wabup juga minta pengurus dan pengelola transparan dalam pengelolaan keuangan dan administrasi.Pengelolaan secara terbuka ini perlu dilakukan untuk menghindari adanya kecurigaan antara sesama pengurus dan pengelola.Karena itu, perlu pengelolaan keuangan yang rapi dan tertib administrasi
Sementara itu, Kepala Dinas Koperindag dan PM, Yusrizal, SE menyebutkan, sosialisasi kebijakan daerah tentang pasar serikat dan nagari ini diikuti pengurus dan pengelola pasar serikat dan nagari di kabupaten ini.
Sosialisasi dengan menampilkan nara sumber, Kepala Bapeda, Drs.Muchlis Anwar, MSM, Kepala BPKD, Drs.AT Rohendi, M.Si dan Kepala Dinas Koperindag dan PM, bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan wawasan pengelola pasar dalam mewujudkan tertib pengelolaan pasar.(azn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s