Sekretaris Nagari Diangkat Jadi PNS

SIJUNJUNG – Adanya rencana pemerintah mengangkat sekretaris desa, (di Sumbar sekreteris nagari), menjadi Pegawai Negri Sipil (PNS), pada dasarnya disambut gembira dan rasa syukur oleh seluruh sekretaris nagari di Kabupaten Sawahlunto Sijunjung.
Namun dibalik gembira dan rasa syukur itu, ada juga sebagian yang risau dan cemas. Mereka belum tahu secara pasti apakah mereka memenuhi persyaratan atau tidak, karena persyaratan yang ditentukan pemerintah belum dirinci secara mendetil. Seperti usia maksimal 51 tahun, belum diketahui jatuhnya pada tahun berapa.
“Sebagaimana sekretaris desa/nagari yang lain, saya juga gembira dan bersyukur adanya rencana pemerintah mengangkat kami menjadi PNS. Karena dengan gaji baru ini pendapatan akan lebih baik, hidup pun akan berubah. Namun saya sendiri, belum tahu secara pasti apakah saya memenuhi persyaratan atau tidak,” kata Sekretaris Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, Muchtar. S, di ruang kerjanya, Selasa (26/6).


“Dari segi masa kerja yang patokannya minimal dua tahun, saya sudah memenuhi ketentuan, karena saya sudah menjadi sekretaris nagari sejak tahun 2001, tepatnya sejak status pemerintahan desa kembali ke pemerintahan nagari, dengan kata lain sudah enam tahun.
Yang menjadi keraguan bagi saya, adalah masalah usia yang maksimal 51 tahun. Kalau 51 tahun pada tahun 2007 ini, berarti saya tidak lagi memenuhi persyaratan, karena usia saya sudah masuk 52 tahun,” sebut Muchtar.
Berbedah dengan Muchtar, bagi Sekretaris Nagari Pamuatan, Rezmizar, tidak ada masalah, karena disamping sudah menjadi sekretaris selama enam tahun, usianya baru 41 tahun. Begitu juga bagi sekretaris nagari lain yang usianya masih di bawah 51 tahun.
Seorang pejabat Bagian Pemerintahan Nagari Setdakab Sawahlunto Sijunjung, Sarkion, SE yang dikonfimasi Singgalang di ruang kerjanya, Rabu kemarin, tentang usia 51 tahun sekretaris nagari jatuhnya tahun berapa, belum bisa menjelaskan, karena belum ada penjelasan secara pasti dari pemerintah pusat.
“Karena belum ada penjelasan dari pemerintah pusat, kita belum tahu usia 51 tahun sekretaris nagari terhitung mulai tahun berapa. Entah sejak pengusulan diangkat menjadi PNS tahun 2005, tahun 2007 ini, atau tahun SK diterbitkan. Kita belum menerima penjelasan lanjutan,” aku Sarkion.

Leave a Reply

