Pabrik Pengolahan kayu karet di Muaro Takung

Muaro Takung
Bupati Sawahlunto/Sijunjung H.Darius Apan berharap dengan adanya pembangunan pabrik pengolahan kayu karet akan menghasilkan nilai guna dan manfaat yang besar bagi semua stakeholder yang terkait dengan investasi ini.
Harapan itu disampaikan Darius dalam sambutan pada acara peletakan batu pertama pembangunan pabrik pengolahan kayu karet PT.Asri Sijunjung,Kamis (21/6) di nagari Muaro Takung kecamatan kamang Baru.
Acara ini dihadiri Gubernur Sumatra Barat,unsur muspida Provinsi,ketua DPRD kabupaten,BupatiSarolangun,bupati Dharmasraya,dari perusahaan,PT.Kuatassi Wisework,Yifung Agri Sumatra perkasa,PT.Asri Sijunjung,ditandai dengan penanaman kepala kerbau oleh Gubernur di lokasi tersebut.
Menurut Darius Pabrik pengolahan kayu karet sudah lama didambakan masyarakat,karena Ranah Lansek Manih merupakan pemasok karet yang terbesar di Sumatra Barat ini,kebun karet sudah sewajarnya kita remajakan.
Kepada para investor diharapkan akan mendapatkan keuntungan yang maksimal sesuai dengan hitungan-hitungan ekonomis dan sosial serta perhitungan lainya yang telah direncanakan secara matang.

Bagi pemerintah dan masyarakat Ranah Lansek Manih akan mampu menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat,memaksimalkan hasil dari potensi kebun karet masyarakat yang ada sekarang,baik dalam bentuk pemanfaatan pohon karet yang sudah tua atau kurang produktif,maupun dalam rangka peremajaan dan penanaman karet baru pada lokasi yang masih tersedia.
Sehubungan dengan itu kata Darius adanya komitmen yang kuat dari semua pihak untuk mensukseskan berdirinya pabrik pengolahan kayu karet,mulai dari tahap pembangunan terlebih lagi pada waktu peroperasi nanti.
Dalam kegiatan ini antusias masyarakat cukup ramai menghadiri acara peletakan batu pertama pabrik pengolahan kayu karet ini,karena lokasinya berada dipinggir jalan lintas Sumatra,berada di sekeliling kebun karet rakyat.
Gubernur Sumatra Barat Gamawan Fauzi dalam sambutan mengatakan baru pertama kali ada pabrik pengolahan kayu karet di Ranah Minang ini,pabrik ini merupakan prestasi yang diraih oleh Ranah Lansek Manih.
Dengan adanya pabrik pengolahan kayu karet tentu ekonomi masyarakat dimasa datang dapat meningkat,semua kayu kayu karet yang tidak berproduktif akan dibeli oleh perusahaan kemudian kebun akan diremajakan,mengenai bibit akan disediakan oleh perusahaan.
Tidak terbayang oleh kita bahwa akan berdiri pabrik pengolahan kayu karet di daerah ini,kita Bersyukur kepada Allah SWT,berkat rahmatNya pabrik ini dapat didirikan di Muaro Takung,pabrik ini kepunyaan kita bersama mari kita pelihara,dijaga secara bersama.
Keuntungan pabrik pengolahan kayu karet di Muaro Takung sangat strategis,daerah tetangga bisa memasok kayu karet yang tua kelokasi ini,tidak tertutup kemungkinan provinsi Riau,Jambi masyarakay yang punya pohon karet tua dapat diangkut kelokasi ini dengan harga tentu sudah ditetapkan oleh perusahaan dengan cacatan tidak merugikan petani karet.(Mashariyanto).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s