Hak Insiatif DPRD

Lagi-lagi DPRD Kabupaten Sawahlunto Sijunjung mengunakan hak insiatifnya.Kali ini, hak inisiatif yang melekat pada anggota dewan itu akan digunakan untuk merealisasikan rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang sistem pengelolaan dan pengembangan pembenihan.
Sebagai langkah awal, inisiator yang dipimpin, Yohandrizon Syamsu, SP dengan anggota Agusnali, Sarijal, S.Ag, Drs.Yurnalis Tanjung, Alpian Kasir dan Drs.Sarkawi, Selasa lalu mengundang para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dikabupaten ini guna mendapatkan masukkan.
Pertemuan dengan PPL yang jumlahnya puluhan orang itu dilaksanakan diruang sidang utama DPRD setempat dan berlangsung lebih kurang tiga jam.Banyak yang didapat inisiator dari tenaga penyuluh pertanian lapangan itu.


Koordinator inisiator, Yohandrizon Syamsu dihadapan para penyuluh pertanian menyebutkan, digunakannya hak inisiatif yang melekat pada anggota dewan untuk merealisasikan ranperda sistem pengelolaan dan pengembangan pembenihan ini, salah satunya adalah banyaknya beredar bibit-bibit palsu.
Bila ini dibiarkan, sambung Yohandrizon Syamsu, tentu akan membuat petani mengalami kerugian, baik masa panen maupun produksi.”Atas dasar itulah, kami dari inisiator ranperda ini mengundang guna mendapatkan masukan demi menyempurnakan draf yang telah disusun,” ujarnya.
Dan draf iti, sambungnya, akan dipersentasikan dalam rapat interen DPRD.Jika dalam rapat interen nanti, draf yang dipaparkan layak untuk dijadikan peraturan daerah ( perda), baru inisiator akan bekerja.
Karena itu, ia minta para PPL tidak sungkan-sungkan menyampaikan dan memberikan masukan demi terealisasinya ranperda tersebut.(azn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s