Tes Calon Pegawai Dilaksanakan Hari Ini !!

Minggu, calon pegawai kontrak di lingkungan Pemkab Sawahlunto Sijunjung akan mengikuti tes pada sejumlah gedung sekolah di seputar Muaro Sijunjung.
Tidak tanggung-tanggung, pelamar yang akan berkompetisi, 4.602 orang. Sementara peluang yang diperebutkan hanya untuk 312 orang. Artinya, yang akan diterima hanya 312 orang, sedangkan yang 4.290 tersingkir.
Tidak sebandingnya jumlah pelamar dengan peluang yang diperebutkan, satu bukti bahwa pertumbuhan penduduk tidak seimbang dengan lapangan pekerjaan yang tersedia.
Disamping itu, tamatan berbagai sekolah, bahkan perguruan tinggi tidak punya nyali dan kemampuan untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, motivasi mereka hanya menjadi pegawai.

Disamping itu, tamatan berbagai sekolah, bahkan perguruan tinggi tidak punya nyali dan kemampuan untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, motivasi mereka hanya menjadi pegawai.
Seperti dikatakan sejumlah tokoh dan pemuka masyarakat Sawahlunto Sijunjung, kemarin. Membludaknya generasi muda yang berkompetisi untuk mengisi lowongan yang sangat terbatas, suatu bukti bahwa tamatan berbagai sekolah dan perguruan tinggi, tidak memiliki nyali dan kemampuan membuka lapangan pekerjaan sendiri, sehingga motovasi mereka hanya menjadi pegawai, meski peluangnya sangat sempit, bahkan teramat sempit.
Untuk itu, hendaknya kedepan para remaja mampu membaca, menganalisa, memilih dan melanjutkan pendidikan ke sekolah dan perguruan tinggi yang bisa memotivasi mereka untuk berusaha sendiri. Dengan kata lain, jangan hanya menimbah ilmu untuk menjadi pegawai negeri.
Kalau setiap tamatan berbagai sekolah dan perguruan tinggi, selalu berharap menjadi pegawai, yang akan terjadi di negara dan di daerah ini, adalah jejeran panjang pencari kerja yang klimaksnya semakin mempertinggi jumlah pengangguran.
Seperti dalam penerimaan pegawai kontrak ini, yang bakal diterima hanya 312 orang, sementara pelamar 4.602. Artinya yang 4.290 orang akan tetap menyandang status pencari kerja, bila mereka tidak berusaha menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, sebut tokoh dan pemuka masyarakat itu.
Menurut Kepala Badan Kepegawai Daerah (BKD) Kabupaten Sawahlunto Sijunjung, Yunanto Masri, SE, dari 312 pelamar yang akan diterima, 162 untuk tenaga guru dan TU sekolah, 75 untuk tenaga kesehatan dan 75 orang untuk tenaga adminstrasi.
Karena memakai beberapa unit sekolah, tes sengaja dilaksanakan pada hari Minggu, supaya tidak mengganggu proses belajar mengajar anak didik.(nasrul rasyad)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s