Kesbangpol Adakan Kegiatan Bela Negara


Sijunjung,

Aparatur Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sawahlunto Sijunjung menyelenggarakan kegiatan kesadaran bela negara bagi pengurus Osis dan senat mahasiswa, di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Selasa (29/5).
Kegiatan yang bertujuan memberikan pemahaman, pengetahuan dan mendorong tumbuhnya kesadaran bela negara bagi pengurus Osis dan senat mahasiswa, dibuka Sekdakab Drs. Bakri.
Sekda mengatakan, kesadaran bela negara bisa tumbuh dan semakin mantap jika ditanamkan dalam hati sanubari sejak dini.
Apabila kesadaran akan hak dan kewajiban terhadap negara telah menjadi pondasi yang kokoh dalam diri generasi muda, secara langsung atau tidak langsung mereka telah menjaga dan membina jati diri bangsa Indonesia yang bermartabat dan berbudaya serta dapat membentengi pengaruh budaya asing dan propaganda negatif yang pada hakikatnya akan merusak pembangunan dan watak bangsa dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional sebagaimana diamanatkan pembukaan UUD 1945.


“Sebagai konsekwensi logis dari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 1945, kita dituntut mempertahankan kemerdekaan serta menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara, demi terwujudnya cita-cita dan tujuan kemerdekaan itu,” kata Sekda.
Generasi muda Indonesia, ulas Sekda, secara terus menerus harus menjaga dan membina keuletan serta ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional, agar mampu mengatasi setiap tantangan, ancaman, gangguan dan hambatan.
Sehingga dengan kekuatan itu bangsa yang semuanya belajar cinta tanah air ini akan mampu mempertahankan eksitensi, identitas dan integrasi dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional, yaitu masyarakat yang adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.
Kepala Kantor Kesbangpol, Yenuarita, SH, M. Hum selaku ketua pelaksana menjawab Singgalang mengatakan, sekitar 100 orang pengurus Osis dan senat mahasiswa yang mengikuti kegiatan, berasal dari berbagai SLTA dan perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Sawahlunto Sijunjung.
Selain memberikan pemahaman, pengetahuan dan mendorong tumbuhnya kesadaran bela negara, kegiatan yang diselenggarakan juga untuk memperkokoh ketahanan bangsa dalam mendukung kelangsungan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang dilandasi kecintaan kepada tanah air.
Materi yang disajikan dalam kegiatan yang berlangsung sehari penuh ini, kata Yenuarita, adalah membangun kemitraan Osis dan senat mahasiswa untuk menciptakan kehidupan sosial politik yang kondusif di daerah, pokok-pokok ketahanan nasional, masalah Kamtibmas dan penanggulangannya, fungsi pakem dalam mengantisipasi aliran/ajaran menyimpang dan menjaga kerukunan umat beragama serta pemantapan persatuan dan kesatuan bangsa guna mengantisipasi disintegrasi bangsa.
Nara sumber yang menyajikan materi, pejabat Badan Kesbang Linmas Provinsi Sumbar, Polres Sijunjung, perwira makodim, Kejaksaan Negeri serta pejabat Kantor Kesbangpol Sawahlunto Sijunjung, jelas Yenuarita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s