DOKUMEN SKPD DIBERIKAN KE MASYARAKAT

SIJUNJUNG (29/05/07)- Wakil Bupati Yuswir Arifin mengimbau dan mengingatkan seluruh pimpinan unit kerja di lingkungan Pemkab Sawahlunto Sijunjung supaya lebih cermat dan hati-hati dalam menyimpan dokumen.

Pimpinan unit kerja perlu lebih cermat, karena berdasarkan informasi ada oknum pegawai yang mengambil dokumen Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan menyerahkan kepada masyarakat. Untuk apa dokumen itu diberikan kepada orang lain, Wabup mengaku tidak mengetahui secara pasti.


“Berdasarkan informasi yang saya terima, ada oknum pegawai yang menyerahkan dokumen SKPD kepada orang yang sebenarnya tidak perlu mengetahui isi dokumen tersebut. Untuk apa diserahkan, saya tidak tahu secara pasti,” kata Wabup dalam apel gabungan, di halaman Kantor Bupati, Senin (28/5).

Apel gabungan yang dilaksanakan setiap Senin, dihadiri Bupati Darius Apan, Sekdakab Drs. Bakri, pejabat teras Pemkab dan segenap pimpinan unit kerja. Peserta apel, karyawan/ti yang berkantor di Muaro Sijunjung.

Kalau masyarakat yang menerima dokumen hanya sekedar untuk mengetahui isinya, ulas Wabup, tentu tidak akan menimbulkan masalah. Tapi jika dipergunakan untuk hal yang bisa merusak kinerja aparatur SKPD bersangkutan, apa lagi untuk kepentingan politik, jelas akan berdampak buruk terhadap Pemkab dan daerah.

“Untuk itu, kepada seluruh pimpinan unit kerja di lingkungan Pemkab Sawahlunto Sijunjung, saya berharap ke depan lebih cermat dan hati-hati dalam menyimpannya, supaya tidak ada lagi dokumen SKPD yang sampai ke tangan masyarakat tanpa tujuan yang jelas,” harap Wabup.

Tentang oknum pegawai yang menyerahkan dokumen kepada masyarakat dan di SKPD mana dia bekerja, Wabup mengaku sudah mengetahuinya.

“Adanya dokumen SKPD sampai ke tangan masyarakat, informasinya saya peroleh langsung dari orang yang menerimanya. Siapa oknum pegawai yang menyerahkan dan di SKPD mana dia bekerja, juga sudah saya ketahui,” jelas Wabup.

Selain tentang dokumen, dalam kesempatan itu Wabup juga berharap kepada seluruh pejabat dan pegawai daerah ini supaya selalu memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Yang disebut terbaik dan berkualitas, adalah pelayanan yang tepat, cepat, akurat dan transparansi, sehingga menimbulkan kepuasan terhadap masyarakat yang berurusan.

Masyarakat mengakui, dewasa ini pelayanan yang diberikan aparatur sudah lebih baik dari sebelumnya. Namun dibalik pengakuan itu, tidak tertutup kemungkinan masih adanya masyarakat yang kecewa dan mengeluh, karena prosedur dan birokrasi yang berbelit.

Justru itu, pimpinan yang bertanggungjawab atas pelayanan publik diimbau dan diminta membenahi kekurangan dan kelemahan yang mungkin masih terjadi pada unit kerjanya.

Dengan kata lain, urusan yang bisa dipermudah dan dipercepat, jangan dipersulit, karena disamping menimbulkan imej negatif terhadap aparatur, perbuatan itu juga akan merugikan rakyat yang dilayani, tandas Wabup Yuswir Arifin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s