Tahun 2007 Pemkab Bangun Balai Benih Ikan di Aie Amo

sijunjung, 15 Mei 2007, Direncanakan Tahun 2007 ini,pemkab Ranah Lansek Manih akan membangun Balai Benih Ikan (BBI) Unggul di nagari Aie Amo kecamatan Kamang Baru sebagai sentral peternakan di Sumatera Barat, secara bertahap mulai diwujudkan,buktinya tahun lalu telah berhasil; membangun Balai Benih Ikan (BBI) unggul di nagari Sumpur Kudus.
Setelah sukses membangun Balai Benih Ikan di Kecamatan Sumpu Kudus, untuk tahun 2007 ini, Kabupaten Sawahlunto Sijunjung kembali membangun Balai Benih Ikan Regional. BBI yang akan memproduksi benih ikan unggul itu, ditempatkan Aie Amo Kecamatan Kamang Baru, dengan luas areal 9 hektar.


Dana untuk pembangunan Balai Benih Ikan ini bersumber dari APBD Sawahlunto Sijunjung tahun 2007, dengan alokasi dana sebesar Rp500 juta. Selain Balai Benih Ikan, ditempat yang sama juga akan dibangunan stasiun pengembangan ternak sapi bali, dengan biaya sebesar Rp600 juta.
Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sawahlunto Sijunjung, Ir. Said Akhudri.MM, ketika ditemui Haluan Kamis lalu mengatakan, pembangunan kedua sentral pembibitan tersebut, dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan bibit yang dibutuhkan masyarakat. Sehingga, masyarakat Sawahlunto Sijunjung nantinya tak perlu susah-susah mencari bibit kedaerah lain, baik bibit ikan maupun bibit sapi bali.
Tak hanya itu, keberadaan balai benih ikan di Aie Amo, diharapkan juga dapat memasok kebutuhan bibit ikan untuk propinsi Riau. Khusus pasokan bibit ikan ke propinsi Riau ini, telah dilakukan penjajakan kepada Menteri Kelautan RI.
Sedangkan stasiun bibit sapi bali, selain melakukan pengembangan bibit, stasiun ini nantinya juga akan memproduksi bibit rumput unggul. ”Kalau selama ini masyarakat hanya memberi makanan ternak dari rumput alam saja, maka mulai tahun ini kita mencoba untuk memproduksi bibit rumput unggul untuk konsumsi ternak,” ujar Said.
Said Alkhudri mengharapkan dengan ada stasiun sapi bali dan balai benih ikan, yang akan memproduksi bibit-bibit unggul, masyarakat hendaknya bisa termotivasi mengembangkan usaha peternakan. Sebab Kabupaten Sawahlunto Sijunjung, sangat potensial untuk pengembangan usaha peternakan dimasa mendatang.
”Bagi masyarakat yang ingin membuka usaha peternakan ikan dan membutuhkan bibit, silahkan ajukan permohonan, kita akan berikan benih ikan berkualitas secara gratis,” katanya.
Saat ini sentral pembibitan ikan di Kabupaten Sawahlunto Sijunjung antara lain BBI Sumpur Kudus. BBI ini akan dapat memasok kebutuhan bibit untuk Kecamatan Sumpur Kudus, Koto VII, Tanah Datar dan Lima Puluh Kota.
Kemudian BBI Latang di Kecamatan Lubuak Tarok, diperuntukkan memenuhi kebutuhan bibit di Kecamatan Lubuak Tarok, Sijunjung, IV Nagari, Tanjung Gadang dan Kabupaten Dharmasraya. Sedangkan yang akan di bangun baru tahun 2007 ini adalah, BBI Regional di Aie Amo Kecamatan Kamang Baru, BBI ini diharapkan dapat memasok kebutuhan benih ikan di Kecamatan Kamang Baru dan Propinsi Riau.
Sementara pembangunan stasiun pengembangan ternak sapi bali di Aie Amo, selain untuk pembibitan, stasiun ini nantinya juga akan menjadi sumber bibit hijauan ternak serta tempat magang atau pelatihan bagi masyarakat, tentang tata cara beternak yang baik.
Menyinggung pasar ternak modern Palangki, yang saat ini masih terbengkalai, Said Alkhudri menjelaskan, tahun 2007 ini kembali dianggarkan dana sebesar Rp300 juta untuk kelanjutan pembangunannya. Dana tersebut antara lain Rp200 juta dari APBD dan Rp100 juta dari APBN.
Dana ini akan dipergunakan untuk penimbunan dan pengerasan lokasi, serta untuk pembangunan Mushalla, dan Gangway. “Insya Allah, akhir 2007 pasar ternak regional dan termodern di Sumbar ini siap dioperasikan,” ungkapnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s