Nyalakan Lampu Sepeda Motor

Dalam upaya menekan angka kecelakaan, Satuan Lantas Polres Sijunjung dalam setiap kesempatan sejak beberapa waktu lalu mengimbau pengguna jasa jalan supaya menyalakan lampu sepeda motor pada siang hari.
Pantauan Singgalang, imbaun polisi itu sudah dipenuhi oleh sebagian besar pengendara sepeda motor, namun masih ada yang belum melakukan, pada hal tujuannya untuk keselamatan mereka.
Menyalakan lampu sepeda motor pada siang hari, sepertinya bukan saja upaya untuk mengurangi kecelakaan, tapi Kota Muaro Sijunjung juga terlihat lebih hidup dan semarak. Terutama pagi hari menjelang pegawai masuk kantor.

Menyalakan lampu sepeda motor pada siang hari, sepertinya bukan saja upaya untuk mengurangi kecelakaan, tapi Kota Muaro Sijunjung juga terlihat lebih hidup dan semarak. Terutama pagi hari menjelang pegawai masuk kantor.

Kapolres Sijunjung AKBP Drs. Priyo Widyanto, MM didampingi Kasat Lantas AKP Arief Budiman, SH, SiK, di ruang kerjanya, Sabtu (12/5) mengatakan, menyalakan lampu sepeda motor pada siang hari yang di Pulau Jawa sudah diterapkan sejak beberapa bulan lalu, hasilnya bisa menekan angka kecelakaan sampai 30 persen. Sementara di Sumbar baru 20 persen.
“Supaya di Kabupaten Sawahlunto Sijunjung sasaran yang hendak dicapai juga membuahkan hasil, kepada pengendara sepeda motor yang belum menyalakan lampu kendaraannya pada siang hari, kita berharap dapat menyalakan. Karena dengan lampu yang menyala, lawan yang ada di depan cepat mengetahui bahwa dihadapannya ada kendaraan, sehingga pengemudinya lebih hati-hati dan waspada,” kata Kapolres.
Tentang pengendara sepeda motor di jalan raya lintas Sumatra yang sebagian besar belum menyalakan lampu pada siang hari, Kasat Lantas Arief Budiman akan mensosialisasikan bersama anggotanya.
Karena pemakai jalan raya lintas Sumatra berasal dari berbagai daerah, bahkan dari daerah luar Provinsi Sumatra Barat, memang masih banyak yang belum menyalahkan lampu sepeda motornya pada siang hari.
“Justru itu, karena tujuannya untuk menekan angka kecelakaan, saya bersama anggota akan selalu mensosialisasikan, sampai mengihudupkan lampu sepeda motor pada siang hari benar-benar membudaya di Kabupaten Sawahlunto Sijunjung ini, termasuk di jalan raya lintas Sumtra yang arus lalulintasnya cukup padat,” jelas Arief Budiman. -217

Cuci Tangan Pakai Sabun Dibudayakan

Sijunjung, Singgalang
Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui prilaku hidup bersih dan sehat, di Kabupaten Sawahlunto Sijunjung dibudayakan cuci tangan pakai sabun.
Cuci tangan pakai sabun yang juga merupakan gerakan nasional, untuk tingkat Kabupaten Sawahlunto Sijunjung, dicanangkan Bupati Darius Apan, di halaman SDN 03 Muaro, Sabtu (12/5).
Pencanangan yang berlangsung sederhana, dihadiri Wakil Ketua DPRD H. Asnam Malin Sutan, sejumlah pimpinan unit kerja, Wakil Ketua TP-PKK Ny. En Yuswir Arifin beserta anggota, Camat Sijunjung Kasman, BA, beberapa Kepala SD dan majelis guru serta para orangtua dan murid SD.
Bupati mengatakan, menyadari begitu bermanfaatnya cuci tangan pakai sabun, dalam upaya mencegah berbagai penyakit menular, gerakan hidup bersih ini telah dimasyarakatkan oleh aparat Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Departemen Agama dan PKK.
Hasil studi dan evaluasi yang dilakukan usaid basic human services pada delapan provinsi, di Sumatra Barat dan di Jawa Tengah, pada umumnya masyarakat sudah memahami pentingnya mencuci tangan pakai sabun.
Justru itu, supaya gerakan kebersihan ini benar-benar membudaya di Kabupaten Sawahlunto Sijunjung, kampanye dan sosialisasinya perlu diintensifkan serta ditingkatkan, terlebih di sekolah. Karena mencegah timbulnya suatu penyakit, jauh lebih baik dari pada mengobatinya, jelas Bupati Darius Apan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s