GERAKAN CUCI TANGAN PERTAMA DI SUMATRA BARAT

Bupati Sawahlunto/Sijunjung H.Darius Apan mengatakan gerakan cuci tangan pakai sabun sebagai salah satu upaya mencegah berbagai penyakit menular seperti Diare,Tipus dan Flu Burung akhir-akhir ini merebak diseluruh tanah air.
Demikian sambutan bupati Darius Apan pada acara kampanye nasional cuci tangan pakai sabun,Rabu (9/5) di halaman SD 03 Pasar Jumat,dihadiri wakil ketua DPRD H.Asnam Malin Sutan,Muspida,ketua TP PKK,Dharmawanita,murid SD,para wali murid dan masyarakat setempat.


Salah satu program kesehatan dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat dengan sasaran para murid dan orang tua murid adalah pembudayaan hidup bersih dan sehat yang saat ini kita tunjukan melalui kampanye nasional cuci tangan dengan sabun.
Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai momentum bagi sekolah di kabupaten Sawahlunto/Sijunjung dalam rangka pencanangan pola hidup bersih dan sehat dengan harapan bangsa indonesia sehat 2010 bisa terwujud.
Untuk itu ,bupati himbau segenap unsur pendidikan dan elemen masyarakat negeri kita untuk membiasakan cuci tangan dengan sabun dimulai dari lingkungan keluarga,lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
Melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) masyarakat dalam rangka mewujudkan indonesia sehat 2010 sebagai bagian dari pembangunan manusia indonesia.
Salah satu tuntutan dan kesepakatan global yang dituangkan dalam millinium Development Goals(MDGS) bidang kesehatan adalah menurunkan angka kematian anak,karena kematian anak di indonesia masih tinggi,bayi dan balita di indonesia 19 % disebabkan oleh Diare.
Hasil study WHO menunjukkan bahwa praktek cuci tangan pakai sabun pada lima waktu tertentu yaitu sebelum makan,setelah mencebok anak dan sebelum menyiapkan makanan ,bisa mengurangi prevelansi Diare sampai 40 %.
Menyadari begitu bermanfaatnya cuci tangan pakai sabun dalam upaya mencegah berbagai penyakit menular,maka sejak beberapa tahun terakhir ini telah banyak dilakukan upaya pemasayarakatan antara lain oleh dinas kesehatan,dinas pendidikan,departemen Agama,KLH,PKK.
Dari Study yang dilakukan oleh Usaid Basic Human Services yang dilakukan didelapan provinsi di Sumatera Barat dan Jawa ditemukan bahwa masyarakat pada umumnya sudah memahami pentingnya cuci tangan pakai sabun harus semakin diintensifkan dan ditingkatkan kualitasnya serta dilaksanakan secara berkesinambungan dan terus menerus.
Perlu kita sadari tutur Bupati secara bersama bahwa memelihara kesehatan lebih baik dari pada mengobati setelah sakit,begitu pula tidak banyak kita harapkan dari orang yang sakit-sakitan.
Usai acara sambutan bupati langsung mempraktekan cara cuci tangan yang benar kepada murid SD,para orang tua,mencuci jangan asal jadi saja tapi harus benar-benar bersih,bebas dari kuman penyakit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s